Fenomena Pra KKN

Kuliah Kerja Nyata atau yang akrab disebut KKN adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus diambil dan dijalani oleh mahasiswa kampusku, kampus yang dijuluki si kampus biru. Aku sendiri nggak paham kenapa ini kampus disebut kampus biru, padahal nggak ada satu pun atribut atau embel-embel kampus yang warnanya biru. Tapi ya sudah lah ya, kembali pada KKN.

Semester ini, aku harus menghadapi yang namanya KKN. Puji Tuhan aku mendapat lokasi KKN di Sulawesi, pulau yang begitu ingin aku jajaki untuk KKN. Bagi teman-teman yang belum tahu apa itu KKN, KKN bisa juga diumpamakan live in selama dua bulan dengan beberapa program pengabdian pada masyarakat yang harus direalisasikan guna membantu proses pembangunan masyarakat Indonesia. Sebagai mahasiswa, sudah sepantasnya ilmu yang di dapat tidak hanya dijadikan bekal bagi kehidupan pribadi mahasiswa di masa depan, melainkan harus mampu diaplikasikan pada masyarakat untuk memenuhi faedah kebermanfaatan tanpa menghitungkan untung-rugi.

Nah, KKN sendiri memiliki durasi yang cukup lama, yakni 2 bulan. Hidup bersama teman-teman yang baru beberapa bulan dikenal memang menjadi tantangan tersendiri. Tidak jarang beberapa intrik pun dapat terjadi di dalam kelompok KKN. Bahkan intrik pun dapat terjadi sebelum kelompok KKN berangkat menuju lokasi pengabdian. Selain intrik dan problematika kelompok, salah satu hal menarik lainnya yang ditunggu saat KKN adalah “cinlok” (cinta lokasi). Sudah bukan rahasia lagi kalau KKN seringkali membuahkan seribu satu cerita cinta, baik itu cerita cinta yang membahagiakan maupun yang menyakitkan ataupun yang mencengangkan.

Tidak perlu heran apabila sebelum berangkat KKN si A pacaran sama B, setelah KKN si A dan B putus lalu si A jadian sama C. Kejadian seperti ini biasa terjadi pada pasangan KKN yang berbeda lokasi KKN. Ada juga yang sebelum berangkat si C jomblo, pulang KKN jadian sama A, yang adalah mantannya B. Kalau ini, namanya si C dapat rejeki dan B dapat hikmahnya aja. Benar kata pepatah, “yang setia akan kalah dengan yang selalu ada”. Ada yang sebelum KKN jomblo, pulang KKN jadian dengan teman KKN nya. Tapi tidak sedikit juga yang sebelum dan sesudah KKN masih tetap langgeng hubungannya. Biasanya kalau kasus seperti ini, ada dua penyebabnya. Pertama, kalau bukan pasangannya yang sudah saling komitmen setia;kedua, memang keduanya berada pada lokasi KKN yang sama. Ada juga yang sebelum KKN jomblo, setelah KKN jadian sama warga lokal. LOL. Namun jangan lupa, ada yang sebelum KKN jomblo, pulang KKN… ya sama. Ada? YA ADA…

Karena begitu beragam peristiwa yang mungkin terjadi saat KKN maka beberapa temanku ada yang mulai melakukan dan melancarkan aksi-aksi. Aku menyebutnya “Aksi Pra KKN”. Aksi pra KKN adalah tindakan yang dilakukan oleh orang-orang sebelum KKN. Aksi ini dapat berbentuk pasang status line yang menandakan kepemilikan (misalkan: Badroel’s) atau pasang display picture line nya berdua ama pacar, kalau yang ada pasangan; Pasang status line nomer HP yang dapat dihubungi,
in case mama papa nya kangen atau yang bersangkutan digigit hiu di laut atau hilang di ladang gandum karena tertimpa koko krunch. Biasanya nomor yang digunakan pada slot pertama adalah nomor simpati (nomor darurat sinyal KKN) dan slot sim card kedua adalah nomor sehari-hari; Pasang status “slowresp, mau KKN”, yeah… KKN for lyfe ini namanya.

Sebenarnya masih banyak fenomena-fenomena lainnya sebelum KKN, tapi ya segini saja dulu ya. Aku pun mau KKN dan berhubung aku tidak ada pasangan maka aku tidak akan memsang status kepemilikan siapapun, ya paling mentok nulisnya “Hamba Allah”. Mulia. Aku pun tidak slow respon kalau di-chat. Jadi, untuk beberapa fenomena tersebut, aku hanya dapat memerhatikan tanpa ikut berkontribusi, hanya mengomentari. Untuk teman-teman yang akan menjalankan KKN, kuucapkan selamat mengabdi dan jangan lupa untuk kembali ke Yogya melanjutkan kuliah.

Yogya, 06 Juni 2017.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: