WEX’17 ft. ENDAH N RHESA

Seminggu lalu, aku memang mengunjungi salah satu pameran yang diselanggarakan oleh jurusan arsitektur salah satu kampus di Yogyakarta. Acara tersebut benamakan WEX, alias Wiswakharman Expo. WEX disebut-sebut sebagai pameran arsitektur terbesar di Yogyakarta. Well terlepas dari fakta tersebut, pada tulisan kali ini aku ingin mengulas WEX dari nuansa pribadi yang dihadirkanya  bagi diriku. Untuk ulasan tentang WEX sendiri, akan aku masukkan dalam kolom Event.

WEX tahun ini mengundang salah satu bintang tamu musisi indie Indonesia, yakni Endah n Rhesa. Bermula dari ajakan sahabatku, Dinda, aku tidak terlalu tertarik untuk datang dan menikmati event tersebut. Akan tetapi, ternyata salah satu temanku menjadi panitia dalam acara tersebut dan mempromosikan WEX padaku. Alhasil, aku pun memutuskan untuk bersedia menghadiri pameran tersebut.

Tahun lalu aku datang ke event WEX tanpa teman-teman, alias sendiri. Memang aku lebih suka menikmati sebuah pameran dengan sendiri, karena aku merasa lebih dapat menikmati isi dari pameran secara pribadi dan bebas, tanpa harus memperdulikan teman yang sedang bersamaku. Namun, ceritanya akan berbeda apabila kamu sedang menikmati pameran dan bertemu dengan adik tingkat jurusanmu dan menyapamu serta menanyakan dengan siapa kamu datang saat itu! Itulah yang aku alami, bertemu dengan segerombolan adik tingkat yang menyapa hangat dan bertanya,” Mbak Tar datang sama siapa?” dan aku hanya dapat menjawab sambil tertawa tipis “Hehe… sendirian.”

Apa salah dengan datang sendiri? Tidak memang. Namun akan menjadi kesalahan, saat kamu datang sendiri ke sebuah konser yang berbintang tamu Endah n Rhesa, pasangan musisi teromantis bagiku di sepanjang waktu. Melihat pernampilan mereka di panggung yang mesra dan romantisnya tidak berlebihan bahkan cenderung lucu, dapat membuat siapapun cukup untuk terbawa perasaannya, tak terkecuali aku. Di tengah udara Kota Yogya yang cukup dingin dan lembap karena setelah turun hujan, penampilan Endah n Rhesa malam itu menambah suasana malam semakin syahdu dan romantis. Alunan petikan dan genjrengan gitar serta bass, terdengar indah di telinga penonton yang menikmatinya. Akan tetapi, semua menjadi tidak seindah itu disaat aku harus mendapat kenyataan bahwa aku dikelilingi oleh pasangan-pasangan yang sedang kasmaran dan menikmanti penampilan Endah n Rhesa yang romantis abis. Sementara aku? Aku hanya dapat meremas tas punggung Dinda yang menggantung indah di punggungnya tepat di depanku.

Wish You Were Here adalah lagu pertama yang mampu membuatku tersentuh. Bercerita tentang seseorang yang berharap akan kehadiran orang yang dikasihinya, kiranya mampu menyuarakan beberapa kata yang tertahan dalam hatiku. Tertahan dan sekiranya akan tetap seperti itu sampai suatu saat keluar pada seseorang yang tepat.

Setelahnya, lagu yang dinyanyikan ulang oleh Endah n Rhesa, berjudul Untuk Dikenang nyatanya mampu membuatku terdiam dan menyimak kata demi kata yang dinyanyikan secara lembut dan penuh penghayatan oleh Mbak Endah.

“Mungkin akan kau lupakan atau untuk dikenang”

Sebagai lagu pamungkas, When You Love Someone, adalah lagu yang tidak pernah mampu aku lewati untuk dinikmati dengan sepenuh hati walau dalam kenyataannya sangat sulit untuk dilakukan.

Pada kenyataannya, setiap wanita pun, sekuat apapun dirinya dalam menghadapi kesendiriannya, pasti memerlukan seorang pendamping yang setia berada di sisinya,  entahkah untuk menopang, entahkah untuk mendengarkan ceritanya hari itu, atau menggenggam erat tangannya saat konser Endah n Rhesa berlangsung.

EnR_1EnR_2EnR_3EnR_5

sumber gambar: Dinda

Leave a Reply

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

