Ramai Mall, Mall yang Rame!!

Pada postingan pertama dalam kolom review ini, aku ingin mereview sebuah tempat perbelanjaan  yang menurutku cukup recommended untuk dicoba oleh teman-teman semua. Sebelumnya, aku berdomisili di Yogyakarta, jadi mungkin kalau teman-teman yang berdomisili sama sepertiku atau pun teman-teman yang berada di luar Yogyakarta dapat mencoba berbelanja di tempat ini kalau sedang berkunjung ke Yogyakarta.

Berbelanja kebutuhan bulanan adalah kegiatan rutin yang umumnya dilakukan oleh sebagian masyarakat. Berbelanja kebutuhan pokok untuk persediaan sebulan kiranya sudah menjadi pilihan beberapa masyarakat. Kebiasaan berbelanja di warung saat kebutuhan mulai habis, rasa-rasanya sudah mulai ditinggalkan oleh beberapa masyarakat, terutama masyarakat perkotaan yang di kawasan tempat tinggalnya tidak tersedia warung kelontong.

Sama seperti beberapa maskyarakat di kota kebanyakan, aku pun lebih memilih melakukan belaja di awal bulan untuk memenuhi kebutuhanku  ketimbang membeli ke warung saat bahan kebutuhanku sudah habis. Selain malas, rasanya berbelanja untuk kebutuhan sebulan dirasa lebih hemat karena dapat mengontrol uang bulanan dalam pengeluaran untuk kebutuhan pokok per bulan.

Di Yogyakarta sendiri, terdapat banyak supermaket yang dapat dijadikan tempat bernelanja kebutuhan bulanan, tetapi aku akan mereview satu tempat yang aku sukai untuk berbelanja. Adalah Ramai Mall, sebuah pusat perbelanjaan yang terletak di kawasan jalan Malioboro, tepatnya di kanan jalan seberang Kampung Cina Ketandan. Ramai Mall sebenarnya bukan hanya sebagai supermarket, tetapi di dalam nya terdapat beberapa toko, layaknya mall pada umumnya. Tidak terlalu mewah memang, tapi  cukup lah untuk disebut mall.

denah ramai mall
Rute Ramai Mall. sumber: google.com

Dari beberapa toko yang terdapat di Ramai Mall, aku sangat terkesan dengan supermarket yang ada di dalam mall tersebut. Beberapa alasan yang dapat aku kemukanan mengapa supermarket ini recommended buat aku, adalah:

  1. Harga. Dari segi harga produk, harga yang ditawarkan cukup kompetitif dengan supermarket lain sekelasnya. Dibandingkan dengan Progo dan Mirota Kampus, harga di Ramai Mall tidak jauh berbeda.
  2. Produk. Hal yang bikin aku sangat impressed dengan supermarket ini adalah jenis produk yang ditawarkan cukup bahkan boleh dibilang sangat lengkap. Mulai dari keperluan makanan, minuman, kecantikan, obat, perkakas rumah tangga, hampir semua ada. Memang kalau dibandingkan dengan Progo, masih lebih lengkap Progo.
  3. Tata Letak. Penataan yang apik sudah sangat terasa dari awal memasuki kawasan supermarket ini. Hampir semua produk disusun dengan rapih. Beberapa produk memang masih terlihat berantakan karena belum kembali ditata oleh petugas supermarket. Namun, secara keseluruhan penataan produk dalam ruangan sudah ter-segmented dengan baik.
  4. Tidak ramai. Berbeda dengan namanya, Ramai Mall, kondisi di dalam supermarket tidak terlalu ramai. Mungkin bagi pemilik toko, ini hal yang tidak mengenakan, tetapi bagi pengunjung ini adalah sebuah kenyamanan tersendiri. Berbeda dengan saat berbelanja di Mirota Kampus yang hampir setiap saat ramai dan membuat kurang nyaman, berbelanja di Ramai Mall lebih nyaman karena lebih sedikit pengunjungnya. Entah karena harga yang lebih tinggi dibanding MK atau ada alasan lain, yang jelas ini adalah suatu kelebihan berbelanja di Ramai Mall.

Selain beberapa kelebihan di atas, Ramai Mall memiliki beberapa kelemahan dalam sistem pelayanannya. Dibandingkan dengan semua supermarket yang pernah aku kunjungi, Ramai Mall adalah supermarket yang memiliki pelayanan kasir dengan nilai terendah. Hal ini karena aku merasa pelayanan di meja kasir yang aku terima sepanjang berbelanja di Ramai Mall, kasirnya kurang memberikan senyum. Padahal, hal terpenting yang dilakukan oleh seorang kasir bukanlah hanya kecepatan dalam melakukan scanning barcode produk atau ketepatan pemberian kembalian pada konsumen, tetapi senyum. Senyum yang diberikan oleh petugas kasir masih kurang pada pelanggan apabila dibandingkan dengan semua supermarket yang pernah aku kunjungi.

Selain itu, bagiku, terlalu banyak SPG yang berkeliaran ‘membututi’ pelanggan akan membuat pelanggan merasa risih dan repot menolak penawaran produk yang ditawarkan. Hal ini tentunya bukan tidak mungkin akan membuat pelanggan merasa enggan berbelanja kembali di tempat tersebut. Peminimalan SPG atau pun karyawati dalam bekerja dirasa perlu, hal ini guna mencegah karyawati melakukan ngobrol, saat seharusnya bekerja. Tidak jarang beberapa karyawati menutupi produk sehingga ada pula beberapa konsumen yang merasa enggan ataupun takut-takut mengambil produk tersebut.

Intinya beberapa tipe konsumen, termasuk diriku, lebih menyukai supermarket yang tidak dipenuhi oleh SPG ataupun petugas yang membuat kegiatan berbelanja tidak nyaman. Mungkin kalau dalam rangka menawarkan produk, dirasa cukup tidak perlu terlalu banyak brand yang menempatkan SPG nya dalam satu supermarket, biarkan konsumen memilih sendiri produk sesuai keinginannya tanpa haus diinterfensi.

Dibalik beberapa kekurangan yang dimiliki supermarket Ramai Mall, aku pun masih akan berbelanja di tempat ini. Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Ramai Mall hendaknya dapat dijadikan bahan koreksi dan evaluasi bagi pihak pengelola untuk membangun sistem pelayanan yang lebih baik kedepannya.

*(belum dilakukan survey pasar secara komprehensif, masih dalam opini penulis)

PS: Tulisan ini murni opini penulis. Adapun beberapa nama tempat hanya untuk kepentingan penulisan, dan tidak ada unsur menjatuhkan.

Lokasi: Ramai Mall, Jalan A. Yani No. 73, Ngupasan, Gondomanan, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122, Indonesia.

Jam operasi: 09.30 am-09.00 pm

Parkir: 2.000 rupiah.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: