Mall Seribu Tempat Duduk

Siapa yang tidak suka jalan-jalan ke mall? Selain menyajikan berbagai produk dan brand mall sudah menjadi sebuah pusat hiburan bagi warga yang tinggal di kota-kota besar salah satunya adalah Yogyakarta. Sebagai sebuah kota yang menuju moderenisasi, Yogyakrta sudah mulai terpapar gemilaunya gedung-gedung pusat hiburan yang bernama mall. Hal ini terbukti dengan mulai menjamurnya mall yang ada di kota pelajar ini.

Aku bukanlah seorang yang maniak ataupun orang yang suka berkunjung ke mall, selain bosan, harga produk yang ditawarkan di mall seringkali lebih mahal dibandingkan dengan tempat lainnya. Hal ini tentu karena harga sewa tempat di mall lebih mahal.

Namun, tidak disangka-sangka, aku akhirnya menemukan satu mall yang aku dukung keberadaannya di Yogyakarta. Lippo Plaza. Mall yang baru beroperasi sekitar 2 tahun ini rupanya mampu membuat diriku terpikat akan keberadaannya di Yogya. Aku bukannya mendukung pembangunan mall di Yogya, hanya aku mendukung pembangunan mall yang tidak hanya memberikan hiburan semata pada golongan kelas sosial tertentu. Bagiku, tempat umum adalah tempat yang dapat dijangkau oleh semua kalangan dan memiliki fungsi mengedukasi. Lippo Mall telah memenuhi beberapa kriteria tempat umum menurut definisiku.

  1. Ketersediaan smart lounge. Kelebihan paling unggul menurutku dari Lippo Plaza adalah ketersediaan smart lounge yang berfungsi sebagai tempat membaca, belajar, bekerja, berdiskusi, ataupun foto-foto cantik. Bagiku, ketersediaan smart lounge dalam Lippo Plaza adalah salah satu bentuk strategi pemasaran yang baik. Pihak pengelola ingin menarget mahasiswa yang adalah segmen pasar terbesar di Yogyakarta, tetapi diberikan sentuhan berbeda dengan menghadirkan smart lounge, di mana beberapa tipe mahasiwa yang senang belajar dan tidak suka ngemall dapat berkunjung ke Lippo Plaza.  Kehadiran smart lounge dalam mall adalah sebuah ide briliant, mengingat jumlah mahasiswa yang banyak di Yogya dan jumlah perpustakaan kota yang terbatas. Kehadiran smart lounge dapat menjadi solusi tempat belajar yang menyenangkan, nyaman, dan murah, selain itu dapat menjadi co-working space yang masih sangat jarang di Yogya. Smart lounge Lippo Plaza sendiri dapat dipinjam untuk event dengan syarat dan ketentuan tertentu.

    dsc03689
    Smart Lounge dalam Lippo Plaza. source:https://3.np.blogspot.com
  2. Banyak terdapat tempat duduk. Hal ini adalah hal yang hampir belum pernah aku temui di mall-mall lainnya. Aku pribadi sangat menyukai mall yang banyak terdapat tempat duduknya. Bukan tanpa alasan, fasilitas tempat duduk sangat diperlukan bagi beberapa pengunjung yang memiliki masalah dengan kaki dan tidak dapat berdiri terlalu lama. Belajar dari ibukku yang memiliki penyakit minyak sendi, membuat beliau tidak dapat berdiri terlalu lama. Oleh sebab itu, ketersediaan tempat duduk yang di tempat umum adalah hal yang cukup ‘wajib’ bagiku.
  3. Wi Fi. Fasilitas wi fi rasanya sudah cukup umum tersedia di tempat umum, tetapi ini tetap menjadi alasanku mendukung adanya mall ini.
  4. Produk. Untuk produk yang dijual di Lippo Plaza, cukup memiliki variasi harga. Produk dengan harga rendah hingga tinggi tersedia di tempat ini. Intinya segmen pasar dan targeting yang dimiliki hampir menjangkau seluruh lapisan masyarakat.
  5. Parkiran. Ini adalah mall pertama yang membuat aku amaze dengan parkir gratis yang disediakan pada awal-awal pembukaannya. Walaupun sekarang tarif parkirnya adalah dua ribu rupiah, tetapi aku sangat menyukai alur informasi dan kejelasan informasi jalur parkiran yang ada di Lippo Plaza. Beberapa petugas dengan ramah akan mengarahkan jalur bagi kedaraan kita, jadi tidak perlu takut tersesat atau pun bingung.

Bagiku Lippo Plaza adalah mall yang seharusnya dapat dicontoh konsepnya oleh beberapa mall lainnya. Tidak hanya menghadirkan brand-brand ternama dari luar negeri saja, tetapi bagaimana tempat publik seperti mall memiliki fungsi lainnya, fungsi edukasi. Tidak hanya memikirkan brand apa yang akan dibuka, tetapi bagaimana berdampak bagi sosial, di mana gedung didirikan.

Lokasi: Jl. Laksda Adisucipto No. 32-34, Demangan, Gondokusuman, Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55221, Indonesia

Jam operasi: 10.00am-10.00pm

website: http://m.lippomalls.com/malls/

denah lippo plaza

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: