Balada Kerja Praktik

Halo kenalin aku Tara. Aku adalah seorang mahasiswi semester lima yang akan beranjak ke semester enam. Sekarang aku sedang pulang kampung setelah selama kurang lebih enam bulan merantau ke Kota Yogyakarta untuk menimba ilmu. Episode kepulanganku kali ini memang berbeda dengan episode kepulanganku pada liburan-liburan semester sebelumnya. Pada liburan semester ini, aku pulang dengan tujuan lain, yakni kerja praktik. Buat teman-teman yang belum tahu apa itu kerja praktik? Kerja praktik itu sebenarnya mirip dengan magang atau PKL. Sama saja konsepnya. Intinya kita bekerja selama beberapa periode di salah satu perusahaan, industri, enterprise, atau organisasi kemudian membuat laporan hasil kerja kita yang selajutnya akan diuji oleh beberapa dosen penguji di masing-masing jurusan.

Kali ini aku berkesempatan melakukan kerja praktik di salah satu industri susu yang pabriknya berlokasi di Jakarta, tepatnya di Jakarta Timur. Aku melakukan kerja praktik bersama satu temanku yang namanya Jonda. Sebenarnya, aku terbentuk dalam satu tim KP yang beranggotakan tiga orang, yakni aku, Jonda, dan Uty. Namun sayangnya, Uty akhirnya harus pisah industri dari kami berdua. Uty melanjutkan KP nya di industri pengolahan tepung terigu di Jakarta Utara. Memang agak sedih sih karena harus pisah dan enggak bisa satu industri, tapi mau gimana lagi? Lebih baik pisah daripada enggak bisa KP sama sekali karena tidak dapat tempat di industri. Padahal, orang yang pertama mengusulkan melakukan KP di industri susu adalah si Uty, tapi justru dia yang harus pisah. Sedih kan!

Oh ya, kalau teman-teman tahu betapa hectic-nya laporan praktikum di semester lima, KP ini juga enggak kalah untuk nambah beban pikiran aku dan teman-temanku. Betapa aku deg-degan karena belum dapat industri untuk KP, gimana usahanya untuk terus-menerus menghubungi industri yang bersangkutan. Gimana paniknya kalau tiba-tiba dihubungi oleh pihak industrinya tapi enggak keangkat teleponnya dan harus telepon balik tapi enggak ada pulsa, lari-lari ke tukang pulsa siang-siang ditengah kelas. Paniknya itu lho! Tapi syukur pada Allah, semua sudah dijawab dengan indah.

Beberapa hari lalu, aku sudah mengunjungi industri tempat KP ku kelak. Berjarak sekitar satu setengah jam dari tempat tinggalku di Bekasi, aku akan bolak-balik Jakarta-Bekasi untuk KP. Sebuah hal yang lumrah bagi beberapa masyarakat yang bermukin di pinggiran kota sepertiku (JABODETABEK). Kalau aku bilang, ini seperti budak nilai. Ah apalah artinya nilai dibanding dengan pengalaman yang aku dapatkan selama KP dan perjuangan di jalan untuk bermacet-macet ria dengan ratusan pengemudi dan pengguna jalan ibu kota.

Cerita mengenai KP ku akan terus berlanjut, dari mulai topik khusus yang belum aku ketahui, sampai seperti apa format laporan yang harus aku garap esok, dan masih banyak cerita-cerita seru yang akan aku bagikan ke kalian semua. Yey!!!

Leave a Reply

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

